Pengusaha Souvenir Kupu-Kupu

Butterfly atau yang biasa disebut kupu-kupu yang memiliki sayap indah berwarna pasti mempunyai daya tarik untuk jadikan hiasan. tersebut penyebab, kupu-kupu sering diburu untuk diawetkan serta dijual sebagai souvenir kupu-kupu. bukan sekedar dijual didalam negeri, souvenir kupu-kupu juga diekspor sampai ke eropa.
Indonesia sendiri kaya dan dapat beranekaragaman hayati. terhitung kaya dapat type kupu-kupu. apalagi sebagian type kupu-kupu memiliki sayap yang cantik, hingga dapat dijadikan hiasan tembok tempat tinggal atau sebatas sebagai souvenir. tersebut penyebab, keinginannya souvenir kupu-kupu yang sudah diawetkan ini terus berkembang.
Anwar, pemilik Dahlia Insects Souvenir, di taman Mini Indonesia Indah biasa yang disebut Tmii di jakarta yang terus dirasakan keindahan laba-laba dari penjualan kupu-kupu hias ini. Anwar yang mengawali usaha souvenir kupu-kupu sejak 1998 ini apalagi tercatat sebagai di antara eksportir kupu-kupu untuk lokasi asia timur, terlebih untuk wilayah di Jepang serta korea Selatan.
Sayangnya, sesudah jepang dirundung tsunami pada maret lantas, ekspor kupu-kupu ke negeri matahari terbit ini mengalami penurunan lebih kurang 25%. cuma pasar China yang belum tembus.
Anwar mengungkap, dia mengekspor kupu-kupu yang diawetkan itu didalam wujud telah dipigura, berbentuk gantungan kunci, atau hiasan area pensil atau bolpoin. Anwar sendiri menjual berbagai macam product cendera mata itu di hargai Rp 15. 000 sampai Rp 3 juta.
Menurut Anwar, pada Februari sampai juli yaitu periode panen dari dagangan kupu-kupunya ini. pada waktu itu, di lokasi asia timur tengah mengalami musim panas. musim ini yaitu waktunya orang berlibur serta berburu cenderamata.
Pada bulan-bulan ini, Anwar dapat mengirim sampai empat kali didalam 1 bulan dengan berat rata-rata per pengiriman meraih 400 kg. omzet saya didalam empat pengiriman itu dapat meraih Rp 500 juta, tutur Anwar. adapun di bln. di luar bulan-bulan itu, omzet Anwar lebih kurang Rp 70 juta sampai Rp 80 juta per bln..
Untuk bahan baku, Anwar tidak mengalami kesusahan dikarenakan dia menjalin kerja sama juga dengan beberapa penangkar kupu-kupu yang tersebar di beragam lokasi di tanah air, layaknya di puncak, Jawa Barat, bengkulu, serta Sulawei Selatan. type kupu-kupu yang digemari customer yaitu blue mountain swallowtail ( papilio ulyses ). kupu-kupu type ini banyak ditemukan di tempat Indonesia Timur.
Banyaknya penangkar serta banyaknya kupu-kupu yang dihasilkan tersebut yang bikin Anwar meyakini usaha ini dapat bertahan lama. pasti tidak cuma Anwar yang merasakan keindahnya laba dari melakukan bisnis kupu-kupu. pedagang kupu-kupu asal Makassar, Sulawesi Selatan, Susanti juga merasakan nikmat usaha souvenir kupu-kupu.
Bila Anwar konsentrasi pada pasar asia timur, anwar telah menembus pasar eropa, layaknya Swiss serta Belanda. saya juga ekspor ke Malaysia, Singapura, serta Jepang.
Anwar menyebutkan didalam 1 bulan dia dapat mengekspor produknya sejumlah 600 buah. harga yang dia banderol berkisar Rp 100. 000 hingga Rp 300. 000 per unit. didalam 1 minggu umumnya saya dapat beroleh Rp 10 juta.
Untuk mencukupi keinginan pasar anwar mempunyai penangkaran sendiri yang berukuran 9×15 mtr.. ada lebih kurang 100 type kupu-kupu di penangkaran itu.
Didalam 1 hari, anwar berbarengan 18 karyawannya dapat membuahkan lebih kurang 100 unit kupu-kupu hias. tidak sukar bikin hiasan kupu-kupu yang diawetkan, yang terutama yaitu kecermatan serta kehati-hatian supaya sayap kupu-kupu tidak rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>